Rumah Impian: Denah Ruangan

*note: update dibawah, gambar denah*

Setelah pemasangan pondasi, kami ternyata ‘harus’ meninggalkan kembali proyek pembangunan rumah dan menyerahkan sepenuhnya pada mas-mas tukang dan pak Mandor. Sepanjang Mei, kami berada di Medan, dilanjut Sabang, terus ke Sigli dan Banda Aceh, kemudian baru kembali ke Jakarta pada awal Juni.

Begitu balik, tadaaaaa… struktur lantai satu sudah selesai dan mulai naik ke lantai dua. Yay! Sepertinya mendingan di tinggal-tinggal deh, supaya kelihatan jelas progress-nya, hehehe…. Tapi sudah sejauh ini, ternyata aku belum pernah cerita soal bentuk rumahnya ya? Baiklah, posting kali ini akan bercerita sedikit soal denah ruangan.

Dengan mengacu pada kriteria rumah yang disebutkan di sini, rumah ini nantinya akan jadi tiga lantai. Tapi jangan bayangkan rumah yang tinggi menjulang. Karena langit-langitnya dibikin rendah, tinggi rumah ini nantinya akan sama (atau bahkan lebih pendek?) dari rumah tetangga yang bertingkat dua.

Pintu masuk utama akan berada di lantai satu/dasar (ya iyalah!). Dari carport, tamu akan melalui sebuah teras kecil yang nantinya juga akan berfungsi sebagai ruang untuk menerima tamu-tamu yang ‘asing’. Tapi kalau sudah akrab, silahkan langsung masuk pintu utama yang akan disambut oleh ruang keluarga. Ruang keluarga ini didesain agak terbuka dengan pintu-pintu kaca besar, berpemandangan taman samping (letak taman ini pas di belakang teras kalau dilihat dari depan).

Lantai satu ini dijadikan semacam ruang bersama. Ada dapur di bagian belakang, juga ruang makan nyempil semi-outdoor, dengan pemandangan si taman samping dan teras depan. Di lantai ini juga ada satu kamar tamu (sengaja, biar orang tua tidak perlu naik ke atas kalau menginap), dan sebuah kamar mandi di sampingnya. Kerennya, kamar tamu ini punya TAMAN di dalamnya! Hah!

Naik ke lantai melalui tangga ber-railing bambu, di sambut hall kecil yang mempunyai akses kepada tiga ruang. Di sebelah kiri, adalah kamar tidur (calon) anak yang berpemandangan jalan depan rumah. Di depan ada ruang kerja yang letaknya tepat diatas teras bawah. Dan di sebalah kanan ada kamar tidur utama lengkap dengan kamar mandi sendiri. Kamar mandi ini JUGA ada tamannya! Hyyuukkk!

Lantai tiga sebenarnya adalah lantai mezzanine yang tepat dibawah atap. Mezzanin ini terbagi dua. Sebagian dijadikan ruang servis yang meliputi kamar mbak, kamar mandi, ruang kerja mbak (untuk cuci dan setrika), juga ruang jemur pakaian. Sementara, sebagian lagi berupa hall serba guna. Rencananya, disini akan jadi “markas” si abang untuk main game. Namun, bisa juga dibuat jadi tempat sholat berjamaah, atau bahkan tempat untuk tidur jika sedang banyak tamu (maklum, keluarga besar!)

Yes, ruangan sebanyak itu, hanya di atas lahan sebesar 72 m2 saja. Have I told you I have the best architects?

Nggak sabar pingin lihat jadinya gimana kan? Sama!


Rumah tampak depan, nggak kelihatan apa-apa, heee…


Yaay, struktur lantai satu sudah jadi!


Pak Tukang mulai mengerjakan lantai dua


Mas-mas tukangku yang hebat!


Bambu! 

Dan ini adalah gambar awal desain fasad karya Mas Yu Sing dan Tim Akanoma. Silahkan menikmati 😀


Rumah tampak depan. Paling kiri bawah adalah carport dan teras, dan di atasnya adalah ruang kerja. Yang kanan bawah adalah kamar orang tua dan diatasnya kamar (calon) anak. Lantai paling atas adalah mezzanin bagian hall. Dan lihat atapnya yang asimetris. Keren!


Perspektif low-angle.


Ini adalah tampak lantai mezzanin dari dalam, bagian hall serbaguna. Belum ada railingnya sih, nanti akan dipikirkan lagi. Tapi, lihat dinding kanannya dong, bolong-bolong! Asik ya!


Tampak samping. Yang bolong di belakang itu adalah ruang jemur. Jadi pakaiannya bisa kena sinar matahari, tapi nggak takut kehujanan!

*update*
Sepertinya memang lebih baik dikasih denah aja :D. Silahkan dilihat…

Silahkan liat label Dreamhouse untuk semua cerita soal pembangunan rumahnya 🙂

3 Responses

  1. bestimitationofmyself May 3rd, 2013 at 9:23 am

    astaga rumahnya kereeeeen
    salam kenal ya 🙂 i love the way you write.

  2. Dinda May 10th, 2013 at 5:50 am

    awwww makasiiihhh :3
    salam kenal juga yaaaaa! *salaman* aku juga suka tulisanmuuuu

  3. Anonymous July 11th, 2013 at 3:36 am

    mbak dinda kalo boleh tau total pengerjaannya plus arsitek habis berapa duit ya?? kisarannya aja,,,rumahnya kayaknya asyik

Any comment?