Roadtrip with a Toddler, Day 9 of 17: Jatim Park2, Batu

Day 9 : Ke Jatim Park 2, Batu

 

Usai sarapan kami check-out dari hotel Amaris untuk mengarah ke kota Batu yang hanya 15km dari Malang. Hari ini kami mau melihat Batu Secret Zoo yang katanya bagus banget itu. Tapi sepertinya kami datang kesiangan. Puluhan bis besar sudah parkir, dan ya ampun…. Anak sekolah BANYAK BANGETTTT! Sepertinya anak-anak ini sedang field trip sebelum terima rapor. Antrian masuk yang lumayan panjang dan suara yang lumayan berisik membuat BabyM kurang nyaman. Tapi untungnya petugas cukup cekatan sehingga tak perlu lama mengantri.

Setibanya di dalam, yaaahhh… anak kicik dimana-mana huhuhu. Kami sengaja memperlambat jalan agar anak-anak itu duluan lewat. Tapi begitu mulai sepi, serombongan anak-anak lagi mulai berdatangan dari belakang, huhuhuh! Kami sih senang-senang aja dengan anak sekolahan. Tapi masalahnya adalah, karena kurang supervisi, anak-anak ini kerap menggangu binatang. Aku meringis dibuatnya.

 

Itu adalah alasan mengapa aku tidak terlalu suka ke kebun binatang dan jauh lebih senang kalau melihat binatang bebas bekeliaran di habitat aslinya. Sebab, pengunjung kebun binatang kerap lebih beringas dari binatangnya. Anak-anak atau orang dewasa sama aja. Mereka berteriak-teriak, mengetuk kaca, bahkan kadang melempar dengan batu atau menjolok dengan ranting. Kasian.

 

Tapi yah, semua hal pasti ada sisi buruk dan sisi baiknya. Nggak semua beruntung bisa melihat semua binatang hidup di habitat aslinya. Apalagi binatang dari seluruh dunia, atau binatang yang terancam punah. Habitatnya aja udah rusak.

 

Begitupun, Batu Secret Zoo ini cukup bagus untuk ukuran kebun binatang. Hewannya terlihat cukup sehat, dan banyak species dari berbagai negara di dunia. Areanya sangat luas, dengan kebersihan yang cukup terjaga. Fasilitas penunjangnya sangat oke dan petugasnya cekatan. Yang paling aku suka adalah papan pengetahuan interaktif berisi pertanyaan seputar binatang yang tersebar di seluruh area. Bagus!

 

roadtrip2015_071Not so secret anymore 😀

roadtrip2015_072Kiri: Cottontop Tamarin, sejenis monyet tapi kecil banget. Kayak anak punk yah :D. Kanan : jenis Tamarin lain, yang paling kecil. Imut-imut!

roadtrip2015_120

roadtrip2015_075

roadtrip2015_073

roadtrip2015_074Papan pengetahuan interaktif ini menarik sekali! Trivia soal binatang.

 

Karena areanya yang luas, membutuhkan waktu cukup lama untuk bisa sampai di pintu akhir. Dan setelah kebun binatangnya, masih ada taman bermain yang tak kalah luas, lengkap dengan waterpark segala. Dan ini gratis. Karena udah gempor, kami istirahat sebentar agar BabyM bisa main. Akhirnya kami keluar menjelang jam 5 sore, dan hampir tutup.

 

 

roadtrip2015_076Ini area permainan, gratis!

roadtrip2015_077Istirahat sambil main dengan BabyM

 

Karena beli tiket terusan, sesungguhnya selain Batu Secret Zoo, kami boleh ke Museum Satwa dan Ecopark. Tapi sudah sore dan kami sudah capek. Mau ke Ecopark, rasanya nggak mampu lagi. Namun saat melewati Museum Satwa, si Abang mengusulkan masuk dulu, lihat sebentar. Mumpung BabyM tertidur, bisalah kami cepat-cepat mengelilingi museumnya. Museum tutup jam 6, jadi masih ada sekitar satu jam buat liat-liat. Cukuplah.

 

Begitu masuk, JREEENNNGGGGG…. Ada tiga kerangka dinosaurus menyambut di atriumnya. Waaaaaa… bagus bangeeetttt! Dan pas lihat displaynya, OHMAIGAT! Mana cukup ini satu jam! Disitulah kami merasa menyesal. Kenapa nggak ke museum satwanya duluaaaaaannn *nangis-nangis*

 

Kalau pernah melihat film “Night at The Museum” yang lokasinya di American Museum of Natural History, exhibit di Museum Satwa ini dibuat mirip museum itu. Jadi binatangnya (dari kulit binatang asli tentunya, tapi dalamnya diisi sesuatu) di-display dalam etalase kaca, disusun sedemikian rupa, diberi background gambar mirip habitatnya, dan diberi penerangan yang membuat seolah-olah mereka sedang beraksi. Bagus banget!

 

roadtrip2015_078Trio dinosaurus yang WOW menyambut kedatangan!

roadtrip2015_078a

roadtrip2015_079Tuh, keren kan exhibitnya!

roadtrip2015_080Ada seruangan penuh isinya beginian! LOVE!

roadtrip2015_081Bye museum! Kapan-kapan kami datang lagi ya!

 

Kami keluar dari area Jatim Park 2 menjelang magrib, langsung menuju Hotel Kampung Lumbung yang sudah dipesan sebelumnya. Jaraknya paling hanya 10 menit naik mobil. Tempatnya asri dan menyenangkan. Kamarnya luas, 36m persegi, tanpa AC (ya nggak perlu juga, udah dingin), channel TV seadanya (nggak apa-apa juga sih, kami nggak nonton TV), dan amenities standar (nggak terlalu masalah buat kami). Dengan furnitur kayu dan kamar mandi yang menggunakan batu alam, kami merasa sedang dirumah, hahahah!

 

Malam itu sesungguhnya kami masih ingin melihat taman lampion di Batu Night Spectacular, tapi apa daya, sudah capek. Akhirnya kami hanya makan malam di restoran hotel yang tak kalah menyenangkan.

 

 

roadtrip2015_082

 

***

 

Jatim park 2Jl. Oro-oro Ombo No 9 Kota Wisata Batu East Java | phone number+62 341-5025777 | email address marketing@jawatimurpark2.com | www.jawatimurpark2.com

Kampung Lumbung Boutique HotelJl Puskesmas Dalam 1, Raya Beji – BATU, East Java 65326 | ph: +623415406951, +623415025177 | email: kampunglumbung@grahabunga.com | www.Grahabunga.com

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *