Roadtrip with a Toddler, Day 5 of 17: Jogja – Pracimantoro – Pacitan

Day 5: Jogja – Pracimantoro – Pacitan

Hari kelima dan kami semakin percaya diri untuk pergi lebih jauh. Sejauh ini kuncinya adalah tetap dengan rutinitas dan mengantisipasi mood BabyM. Seringnya kami mulai jalan saat selesai sarapan, dan membiarkan BabyM main sebentar. Saat masuk waktu tidurnya, sekitar jam 9-10 pagi, kami mulai jalan. Menjelang makan siang dia akan bangun, dan kami akan berhenti untuk istirahat. Biasanya, setelah makan dan bermain, BabyM akan mengantuk dan tidur lagi. Lalu kami akan jalan lagi. Menjelang sore, kami usahakan sudah tiba di tempat tujuan. Dengan begitu, kami semua bisa istirahat cukup.

Kami hanya menginap satu malam di Jogja dan berangkat menuju Pacitan. Saat makan siang, kami singgah di sebuah warung sederhana di Pracimantoro. Setelah itu, kami melanjutkan perjalanan. Tapi, tak berapa lama, kami melihat tanda “Museum Kars Indonesia” di kanan jalan. Karena penasaran, kami masuk aja. Itung-itung sekalian sholat dan istirahat.

Ternyata museumnya cukup bagus loh! Museum ini terdiri dari tiga level. Level pertama adalah lobby dan resepsionis. Lalu naik sedikit adalah level yang berisi panel-panel tentang terbentuknya ekosistem karst, berbagai daerah karst di seluruh dunia, dan lain-lain. Agak membosankan karena informasi berupa tulisan terlalu panjang untuk dibuat di panel. Untungnya ada layar yang kalau dipencet tombolnya akan memutar video singkat soal isi panel tersebut.

Yang menarik adalah level berikutnya, yang justru berada di bawah. Di level ini, kita disambut life-size replika isi gua! BabyM sangat senang dan heboh memanjati replika stalagmite. Tidak hanya itu, ada juga miniatur beberapa daerah karst di Indonesia. Oh iya, di dekat museum ini juga ada beberapa situs gua yang bisa dijelajahi. Tapi kami memutuskan untuk meneruskan perjalanan. Mungkin lain waktu bisa spelunking atau menyusur gua kalau BabyM sudah besar, hehehe…

roadtrip2015_025

(Kiri) Gedung museum dari luar. (Kanan) Replika stalaktit dan stalagmit di depan pintu masuk museum

roadtrip2015_026

Gambar-gambar ekosistem kars di seluruh dunia

roadtrip2015_027

Turun satu lantai, dan menemukan replika gua yang keren!

roadtrip2015_028

Replika guanya besar juga loh!

roadtrip2015_029

Di depan miniatur ekosistem kars di Maros-Pangkep (Sulawesi Selatan) yang keren banget. Pengen kesana!

roadtrip2015_030

Detail miniatur ekosistem kars di Maros-Pangkep (Sulawesi Selatan)

roadtrip2015_031

Minatur ekosistem kars di daerah Pacitan.

Kami tiba di Pacitan sekitar jam 5 sore. Langsung menuju Surfing Bay Cottages di Pantai Teleng Ria. Ternyata hotel ini adalah bagian dari kawasan wisata. Selain Pantai Selatan yang jadi atraksi utama, ada waterpark juga. Kampoeng Aeir, namanya. Jika menginap di hotel ini, akan mendapat tiket gratis ke waterpark. Tapi kami tentunya lebih tertarik untuk main di pantainya. Setelah selesai dengan administrasi, kami masuk ke kamar. Dan jrenggggg… kamarnya imut-imuutttt hahahah! Luasnya sekitar 12m persegi, sudah termasuk balkon dan kamar mandi yang (untungnya) agak lega. Jadi kamarnya hanya muat tempat tidur dan sedikit ruang untuk jalan. BabyM jelas sulit bergerak. Tapi ya sudahlah. Yuk, kita main di pantai saja!

roadtrip2015_032

Yay, Pacitan!

roadtrip2015_033

Pantai Teleng Ria, menjelang sunset.

roadtrip2015_034

Main dulu di pantai mumpung belum gelap.

roadtrip2015_034a

***

Museum Kars Indonesia, Desa Gebangharjo, Pracimantoro. Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah | Phone: +62 273 5328646 – 082135882334 | Email: museumkarsindo@yahoo.com | www.museumkarsindonesia.com

Surfing Bay CottagesKawasan Wisata PARAI TELENG RIA BEACH RESORT | Jl. Wr Supratman, Pacitan, Indonesia 63511 | tlp 0357887323 marketing 081 359 946 888 / 081234247888