Roadtrip with a Toddler, Day 11 & 12 of 17: Solo

Day 11 : Museum Batik Danar Hadi, Solo

Hari ini adalah hari Jumat, jadi paginya kami hanya leyeh-leyeh di kamar dan sarapan. Si abang juga bersiap untuk Jumatan di Masjid Agung Solo.

Usai jumatan, kami mencari tempat makan yang ada di seputaran hotel. Liat di google map, ada beberapa pilihan yang bisa dicapai dengan jalan kaki. Jalan utama ini sangat menyenangkan untuk jalan kaki karena ada jalur lambat khusus becak/sepeda dan pejalan kaki, yang rindang dengan pepohonan.

Kami mencoba steak yang hanya 15 menit jalan kaki dari hotel. Lumayan enak dan murah. Selesai makan, kami memutuskan untuk lihat Museum Batik Danar Hadi yang juga tak jauh dari situ. Tapi kali ini kami naik becak karena kekenyangan dan males jalan BabyM belum pernah naik becak.

Sepanjang perjalanan menuju Museum, BabyM agak takut. Dia memelukku kuat-kuat dan kelihatan bingung. Mungkin rasanya agak aneh karena banyak angin dan banyak suara kendaraan seliweran. Untungnya Museum tak jauh. Jadi bisa cepat turun. Tapi, pas pulangnya, dia bahagia banget! Sepanjang jalan melambaikan tangan kepada semua yang dilihat 😀

Museum Batik Danar Hadi adalah museum milik pengusaha pemilik danar hadi. Di areanya, ada toko batik, museum, juga restoran dengan parkir yang luas. Museumnya baguuussss! Isinya batik-batik dari jaman dulu hingga sekarang. Dengan guide yang cakap, tur ini berkesan sekali buat kami. Sayang, tidak boleh mengambil foto disini. Aku menghormati sih, keputusan untuk tidak mengambil foto, karena motif batiknya pasti ada hak ciptanya. Tapi kayaknya bagus deh kalau ada satu sudut yang khusus tempat berfoto untuk turis, jadi bisa buat kenang-kenangan bahwa sudah pernah kesini. Ho oh, kami emang turis banget 😀

roadtrip2015_090 roadtrip2015_091Kamar hotelnya bagus yaaa! Luas banget juga.

roadtrip2015_092Jalan-jalan

roadtrip2015_093Daaah mobil… daaah motor… daaah pohon… semuanya di daaah-in 😀

Day 12: Solo – pasar

Hari ini sebenarnya kami pengen ke Pasar Klewer. Tapi baru sadar, Pasar Klewer kan sudah terbakar. Akhirnya kami jalan-jalan ke pasar barang antik Triwindu di dekat alun-alun. Nggak ada pengen beli apa-apa sih, senang aja jalan-jalan dan menunjukkan BabyM hal-hal yang tidak biasa ditemui di rumah. Dalam dua minggu ini, perbendaharaan kata BabyM meningkat dengan cepat loh!

Selepas dari pasar antik, kami ke BTC. Seorang teman menitip beberapa kain batik di salah satu toko BTC, dan kami dengan senang hati membelikan. Sekalian beli buat sendiri juga dong, hehhehhe!

Keluar dari BTC, kami makan siang di pinggir jalan, di seberang BTC. Ada jejeran warung disitu. Makanannya berbagai macam. Selagi makan, kami sempat melihat kereta yang melintas di dalam kota. Seru! Tapi BabyM takut dengan suara gemuruh kereta. Tadinya kami ingin putar-putar Solo dengan kereta tua (katanya hanya ada saat weekend), tapi karena BabyM takut, lain kali aja deh!

Dari BTC, kami kembali ke Toko Danar Hadi karena kemaren tidak sempat belanja, keburu kesorean keasyikan di Museum. Aku suka kemeja batik Danar Hadi. Coraknya bagus-bagus terlihat eksklusif, jahitannya rapi, namun harganya cukup bersaing. Yang batik tulis sutra sih mahal juga, tapi kemeja batik biasa juga ada. Kami membeli beberapa kemeja batik untuk abang, dan untuk hadiah ke kolega kerjanya.

Selesai di Danar Hadi, saudara yang dari Jogja sudah nyampe di hotel. Yay! BabyM bisa main dengan dua keponakanku. Dan untungnya lagi, dikasih kamar yang bersebelahan sama hotel. Dobel YAY!

roadtrip2015_094

roadtrip2015_095 roadtrip2015_096 roadtrip2015_097 roadtrip2015_098Blusukan di Pasar Triwindu

roadtrip2015_099 Hai kereta!

roadtrip2015_100Ada yang udah bosen temenin ibu pilih kain di BTC 😀

***

Museum Batik Danar Hadi, Jl. Brigjen Slamet Riyadi, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57141 | Telepon:(0271) 714326