Roadtrip Life Is A Beach: Sukabumi!

Day 1

 

Sesungguhnya kami sudah menahan diri untuk tidak pergi liburan lagi saat si Bapak cuti kali ini. Sepanjang 2015 udah cukup banyak jalan-jalannya, dan tahun depan sebenarnya ada project yang bakal menguras isi tabungan. Tapi… memang terasa “aneh” sih kalau sama sekali nggak kemana-mana. Apalagi si Bapak cutinya agak panjang – sampai 7 minggu – akibat harus mengambil jatah cuti tahunan yang kalau nggak diambil jadi hangus (nggak bisa lagi diganti duit bok!)

 

Ya udah, kami akhirnya sepakat untuk JJS, alias Jalan-Jalan Sedikit *hahahalah, garing!* Niatnya naik mobil aja kemana gitu yang nggak terlalu jauh dan nginep beberapa hari. Biasanya kalau model gini, kami suka ke Bandung. Tapi, kali ini pengen coba yang lain. Akhirnya, setelah timbang sana-sini, kami sepakat untuk ke Sukabumi. Jarak tempuh kurang lebih sama, tapi kami belum pernah kesana. Okelah!

 

Trus, ada apa di Sukabumi? Kebetulan disana ada temen kerja si Bapak dulu, jadi niatnya mau silaturahim. Selain itu, kayaknya Sukabumi banyak tempat kemping lucu-lucu, kali aja nanti mau kesana. Pulangnya mungkin lewat jalan agak memutar dan pengen ke Taman Bunga Cibodas. Yaahh… 3 hari-an kali yah. Empat lah kalau mau santai. Jadilah kami packing baju seadanya, bawa bekal makanan, bantal-bantal dan satu bedcover kecil, plus sleeping bag+tikar mini yang memang selalu ada di mobil.

 

Karena semua serba santai, kami baru keluar rumah selesai makan siang. BabyM dengan santai duduk di carseat, dan aku duduk di depan. Dibandingkan roadtrip sebelumnya, saat ini BabyM sudah jauhhhh lebih kooperatif di mobil. Dulu aku masih harus duduk di belakang dan kadang-kadang dia masih mau keluar dari carseat. Sekarang, dia hanya keluar kalau mobil berhenti. Kalaupun udah bosen banget, dia mau menunggu mencari tempat berhenti yang cukup enak. Selebihnya, dia akan tertidur sendiri, bahkan nggak pakai nenen dulu. YEAH!

sukabumi4Berenti di antah berantah (GPS kami emang oye…NOT!) buat sholat Magrib, dan lihatlah kelakuan anak kicik ini 😛

Karena rencana yang seadanya, aku baru memesan hotel untuk malam itu saat kami sudah jalan. Aku memesan hotel MaxOne Sukabumi untuk satu malam. Kami check-in saat hari sudah gelap. Jadinya nggak ngapa-ngapain dan langsung tidur.

*** 

 

Day 2

Kami menghabiskan pagi dengan santai di hotel. Hotelnya standar, tapi cukup menyenangkan. Kami sarapan dan main-main di pinggir kolam renang. Tidak ada rencana macam-macam hari itu, kecuali bertemu dengan teman si Bapak, Picses namanya. Temannya akan datang menjelang tengah hari, jadi kami santai-santai aja sampai waktunya check-out.

 

sukabumi1Main di kolam renang hotel MaxOne, Sukabumi.

sukabumi2 sukabumi3

sukabumi5“Ada gukguk buuu…” kata BabyM sambil nunjuk-nunjuk bantal hotelnya. Lucu ya?

 

Saat Picses datang kami langsung makan siang. Lalu, kami diajak ke Selabintana, sebuah resort di kaki Gunung Gede, sekitar 7km dari kota Sukabumi. Walaupun bentuknya resort lengkap dengan hotel dan fasilitas lain, tapi tamannya yang luas terbuka untuk umum. Jadi, warga Sukabumi sering piknik kemari kalau wiken. Paling hanya perlu membayar tiket masuk Lima Ribu perak per orang dan uang parkir. Tapi karena kami datang di hari kerja, suasananya sepi. Hanya ada beberapa orang yang piknik. Serasa punya sendiri deh, hehe!

 

Sayangnya, Picses nggak bisa lama-lama dan harus menjemput anak-anaknya sekolah. Kami meneruskan berpiknik ria di Selabintana ini. Tak jauh dari resort, katanya ada air terjun yang keren. Tapi medannya cukup ‘menantang’. Masih harus naik ojek, plus jalan kaki beberapa jam. Mengingat hari sudah sore dan cuaca yang agak mendung, plus kami mau santai-santai aja, kami memutuskan untuk tetap di area resort. Membiarkan BabyM main di parit kecil yang airnya dari sungai dan lari-larian sesukanya.

 

sukabumi6Sampai di Selabintana dengan Om Picses. Pemandangannya bagussss! Orang-orang sering trekking ke kebun teh dibawah itu, tapi kami memilih santai-santai aja hehehe

sukabumi8Pendekar Sapu Ajaib 😛

sukabumi7Om Picses sudah pulang jadi kami lanjut piknik sendiri

sukabumi10Foto keluarga dulu sebelum pulang! Terimakasih selftimer 😀

 

Tadinya kami berniat untuk menginap di resort ini. Tapi lalu galau, hahahah! Galaunya lebih karena nggak tau mau ngapain. Sambil piknik kami diskusi kecil-kecilan mau kemana. Mau kemping cantik, kok ya sepertinya sudah mulai hujan. Masih belum mood kalau tidur di tenda hujan-hujanan. Lagipula, kami sudah pernah kemping di Tanakita, jaman dulu dengan keluarga Pak Rudi dan Bu Jeni. Mau mencoba tempat kemping lain, hmmm… kok hatinya belum pas ya?

 

Akhirnya kami memutuskan untuk balik lagi ke hotel MaxOne, hihihi. Paling nggak, wi-finya bisa buat browsing tujuan berikutnya. Setelah browsing kemana-mana, kesimpulannya adalah: objek wisata di Sukabumi ini lumayan banyak, TAPIIIIII, jauh-jauh ya bok! Selain itu, medannya juga nggak mudah. Kami dihadapkan pada pilihan: mau pulang aja atau mau nerusin liburan tapi ya jaraknya jauh. Kalau pulang kok ya masih nggak rela ya, hahahah! Akhirnya kami memutuskan untuk lanjut.

Tapi ke mana? Setelah menimbang-nimbang, kami memantapkan hati untuk ke UJUNG GENTENG! “Kita lihat aja deh nanti gimana. Kalau suka ya lanjut, kalau nggak ya balik. Setuju kan, Bu?” Ho oh deh, Pak!

 

sukabumi9Foto keluarga “yang sebenarnya”, hahahah! Anaknya lari kemanaaa.. dan harus dikejar-kejar biar mau foto bareng 😀 

 

***

 

PS: Itinerari perjalanan 12 hari Roadtrip Life is A Beach:

Rumah Cibubur – Sukabumi (2 hari) – Ujung Genteng (4 hari) – Sawarna (2 hari) – Ujung Kulon (3 hari) – Tanjung Lesung – Rumah Cibubur.

Day 1: Rumah – Sukabumi | Day 2: Selabintana, Sukabumi | Day 3: Sukabumi – Ujung Genteng | Day 4: Pantai Tenda Biru dan melepaskan tukik di Pangumbahan, Ujung Genteng | Day 5: Pantai Ombak Tujuh, Batu keris dan Cibuaya, Ujung Genteng | Day 6 : Amandaratu, Ujung Genteng | Day 7: Lima pantai di SawarnaDay 8: Perjalanan, Sawarna – Ujung Kulon | Day 9: Pulau Peucang, Ujung Kulon | Day 10: Cidaon, Ujung Kulon | Day 11: Karang Copong, Ujung Kulon | Day 12: Tanjung Lesung dan pulang…

Any comment?