Roadtrip Life is A Beach: Tanjung Lesung dan… Pulang!

Day 12
Liburan telah tiba di penghujungnya. Kami harus mengakhiri perjalanan yang menyenangkan ini. Walaupun harus usai, kami checkout dari Wisma Sarang Badak di Desa Sumur dalam keadaan super bahagia. Tapi tetap saja, karena euforia pantai masih belum sirna, kami sepakat untuk berhenti di Pantai Tanjung Lesung, yang jarak tempuhnya – menurut google map – tak sampai satu jam dari Desa Sumur.

 

Pantai Tanjung Lesung ini adalah kawasan wisata berbentuk resort. Memasuki kawasan ini di hari minggu – setelah hampir dua minggu bercengkrama dengan yang serba alami dan jauh dari peradaban – terasa…. emmm… ‘menyilaukan’ mungkin adalah kata yang tepat. Meskipun pantainya lumayan bagus, tapi terasa benar ‘campur tangan manusia’-nya. Orang-orang begitu ramai, dan harga-harga aktivitasnya yang mahal membuat kami serasa ada di mall, hahahah. Seperti culture shock!

 

Mungkin kalau kami datangnya dari Ancol, lalu ke Tanjung Lesung, rasanya pasti, ‘waaahh… bagus, bersih dan alami!’. Karena, dibandingkan air di Ancol (yang agak segan buat direnangi), disini jelas airnya masih sangat bersih. Pantainya pun bukan hasil reklamasi. Pohon masih banyak dimana-mana. Tapiiiii… karena kami datang dari Ujung Kulon yang memang super duper alami, jadinya yah gitu deh, hahahah! Kami sama sekali tidak berniat untuk main di pantai yang penuh dengan orang. Apalagi beraktifitas seperti main jetski, banana boat atau semacamnya. Untungnya, ada spanduk besar bertuliskan ‘Flora dan Fauna Conservation Park’. Jadilah kami melihat-lihat sebentar. Ternyata ini adalah semacam kebun binatang mini. Isinya beberapa jenis burung dalam sangkar, ayam, kolam angsa dan beberapa ekor kambing berkeliaran bebas (tapi kambing ini mungkin liar, entahlah.)

 

Karena tidak terlalu tertarik dengan tempat ini, kami akhirnya hanya membeli makanan untuk dimakan di jalan pulang. Setelah sholat Dzuhur, kami naik mobil untuk menuju pulang. Bagusnya, tempat ini jadi semacam transisi psikologis antara liburan dan rumah, hihihi! Cibubur, kami pulaaaaang 😀

 

The End

tjl01 Jalan masuk ke kawasan Tanjung Lesung, mengingatkan kepada jalan masuk komplek rumah kami, ahaha!

tjl02 Area Beach Club, Pantai Tanjung Lesung.  

tjl03 Berbagai jenis kegiatan yang ada di area ini. Tapi ya mahaaalll 😀

tjl04 Jalan menuju Conservation Park

 tjl05 Ada ayam 😀 

tjl06Kalau mau pantai cukup alami dan nggak terlalu jauh dari Jakarta, kawasan Tanjung Lesung ini lumayan banget buat jadi alternatif.

tjl07Mari pulaaaanggg!

***

PS: Itinerari perjalanan 12 hari Roadtrip Life is A Beach:

Rumah Cibubur – Sukabumi (2 hari) – Ujung Genteng (4 hari) – Sawarna (2 hari) – Ujung Kulon (3 hari) – Tanjung Lesung – Rumah Cibubur.

Day 1: Rumah – Sukabumi | Day 2: Selabintana, Sukabumi | Day 3: Sukabumi – Ujung Genteng | Day 4: Pantai Tenda Biru dan melepaskan tukik di Pangumbahan, Ujung Genteng | Day 5: Pantai Ombak Tujuh, Batu keris dan Cibuaya, Ujung Genteng | Day 6 : Amandaratu, Ujung Genteng | Day 7: Lima pantai di SawarnaDay 8: Perjalanan, Sawarna – Ujung Kulon | Day 9: Pulau Peucang, Ujung Kulon | Day 10: Cidaon, Ujung Kulon | Day 11: Karang Copong, Ujung Kulon | Day 12: Tanjung Lesung dan pulang…

Any comment?