Java RockinTrip: Day 9 – Mojokerto – Jombang

Dalam perjalanan menuju Solo di hari selasa pagi, kami memutuskan untuk mampir di Mojokerto. Aku dulu pernah muter-muter kompleks candi di Trowulan pas masih jaman muda dulu *ehm*. Dan pengen sekali ngajak si Abang untuk kemari dan menyaksikan kemegahan yang pernah kusaksikan (halah!)

Akhirnya kita ke Museum Majapahit, terus ke Candi Brahu dan Gentong. Sayang kita nggak sempet ke candi-candi lain yang aku kunjungi dulu seperti candi Tikus, Bajang Ratu atau Gapura Wringin Lawang. Tapi sudah boleh lah. Si abang tak menyesal dan tertakjub-takjub melihatnya!

Selepas Mojokerto, kami melewati Jombang. Si abang teringat seorang teman sekolahnya bernama ‘Nyot’ Sanyoto, yang berasal dari Jombang yang sekarang sedang sekolah lagi di Bandung. Maka dia pun menelepon temennya itu dengan niat mau ngegodain aja. Eh, taunya temennya itu sedang melarikan diri dari thesisnya dan pulang kampong ke Jombang!

Akhirnya, kita malah diajak ke rumahnya di kampung. Lewatin Pesantren Tebu Ireng, makam-nya Gus Dur. Tapi ya nggak berhenti lah, hehehe… Di kampungnya asyik deh! Kita dimasakin rawon super enak plus dihidangin es kelapa muda super segar. Nyam-nyam!


Candi Brahu, tamannya lumayan bagus 🙂


Candi Gentong. Wah, disini luwing kaki seribunya segede-gede jempol! Tapi lupa difoto saking geli. heuughh!


Jalan disekitar candi Gentong dan Brahu. Pohon di kiri kanannya, plus ladang tebu, adeeemm..


Museum Majapahit. BAGUS! Sebenernya ga boleh difoto sih, kita çuri-curi aja, huhu.. mahaaap!


Prasasti…


Makan Bakso depan Museum. Wisata Kuliner bangeeetttt!


Jalan menuju kampungnya Nyot


Sawahnya udah pada dipanen…


Foto dulu sebelum berpisah 🙂 Makasih ya atas keramahan keluargamu, Nyot…

… Lanjut menuju Solo…

Any comment?