Java RockinTrip: Day 2 – Masih Cirebon

Grage Sangkan Hotel Spa sebenarnya menyenangkan. Gosipnya, areal hotel sekitar tujuh hektar saja. Kamar kami sendiri agak jauh dari lobby, seperti di pavilion gitu. Mobil pun parkir di depan kamar. Biarpun kamarnya terkesan tua, tapi lumayan luas. Dan yang paling paten, air kamar mandinya langsung dari mata air panas Gunung Ciremai. Gak ada tuh yang namanya puter-puter keran biar dapet panas yang pas. Panasnya udah pas-pas-pas.

Fasilitasnya banyak. Ada outbond, panjat dinding, spa, dan lain-lain. Tapi sayangnya, kami tak butuh fasilitas itu. Karena untuk jenis perjalanan ini, kami nggak mau terlalu berlama-lama di hotel.

Om Iing dan nyonya yang memang berdomisili di Kuningan mengunjungi kami di hotel. Beliau membawakan kami hucap – tahu kecap! – yang wenaaakkk! Setelah obrol-obrol sebentar, kami kembali ke laptop Cirebon.

Kami diantar sama Om Iing makan ke nasi Jambal Pelabuhan yang terkenal. Karena ga terlalu lapar, makannya sedikit aja. Tapi emang enaaaakkk! Aku yang ga suka paru aja jadi makan paru-nya yang enak banget. Ga amis loh!

Terus kami lanjut ke Keraton Kasepuhan yang baguuuuusss! Ditemani oleh bapak guide-nya, kami puter-puter kompleks keraton ini. Nuff said, liat aja foto-fotonya!

Setelah puas muter-muter Cirebon, kami memutuskan untuk melanjutkan perjalanan. Tujuan selanjutnya: Semarang. Hyuk, mareeee…


Kamar kami penampakan dari luar


Main catur raksasa di hotel, sambil nungguin Om Iing


Warung nasi Jamblang pelabuhan yang wajib coba!


Makan sambil ditemani suara pengamen 😀


Interior Keraton Kasepuhan. MAJESTIC!


Kursi dari jaman dulu. baguuuuuussss…


Chandelier dan plafond yang bikin tahan napas sakin cantiknya. Oh, tidakkah kau sangat mencintai negeri ini, wahai kawan???

… bersambung lagi 😀

2 Responses

  1. lenje May 4th, 2011 at 11:33 am

    Sayang ya, ternyata gue waktu ke Cirebon gak sempat ke Kraton Kasepuhan ini. Berarti waktu itu gue ke Kanoman ya? Ngomong2 ada keterangan gak tentang namanya, apakah kalo Kasepuhan, berarti untuk putra raja yang lebih tua, Kanoman untuk yang lebih muda, atau gimana?

  2. Dinda May 5th, 2011 at 9:34 am

    kayaknya kasepuhan itu punya rajanya, dan kanoman itu punya adek raja. kayaknya sih 😀

Any comment?