Blast From The Past

Sesungguhnya sedikit nostalgia membuat bahagia 🙂

Dan malam ini aku terbang ke masa-masa hormon remaja masih bergelora. Kendaraannya adalah lirik lagu ‘No Pressure Over Cappucino’-nya Alanis Morissette, yang ditemukan di sebuah file berisi tulisan-tulisan lama. It was one really good song from the Unplugged album (1999).

Alanis was my hero growing up. Ia bukan hanya saja rocker dengan suara khas, tapi juga penulis yang mumpuni. Lirik lagunya puitis dan penuh makna, meskipun dulu aku tak punya cukup referensi untuk paham apa itu chardonnay, atau emm… 69. Album ‘Jagged Little Pill’ (1995) adalah album penuh kemarahan dan kesedihan. Tapi, ia mengatakannya dengan cara yang indah.  

Aku hafal isi album itu luar kepala. Setiap intro. Setiap refrain. Setiap cengkok dan teriakan menyayat khasnya. Aku ikut marah di ‘You Oughta Know’, meskipun waktu itu belum tau rasanya patah hati. Ikut teriak-teriak sok rebellious bersama ‘All I Really Want’. Seyum-senyum sembari menerka-nerka bagaimana rasanya jatuh cinta mendengarkan ‘Head Over Feet’. Dan gongnya, adalah mendengarkan ‘Perfect’, sebagai soundtrack dari semua kesedihan yang diakibatkan oleh pertengkaran dengan si Mama. Oh. Drama!

Kalau teman sebaya mengoleksi poster boyband, aku bangga sekali bisa memperoleh poster Alanis yang merupakan cover album ‘Supposed Former Infatuation Junkie’ (1998) dengan tanda tangan tercetak diatasnya. Poster itu masih ada di rumah Medan sampai sekarang. Mama sepertinya tak pernah sampai hati untuk membuangnya.

Aku punya DVD (atau VCD ya?) berisi documenter tentang perjalanan karirnya, juga ada lagu-lagu, interview, serta cuplikan-cuplikan konser, termasuk yang di Jakarta. Juga ada potongan-potongan rekaman live, termasuk ‘No Pressure Over Cappucino’ yang diambil di Navajo Nation ini. 


And you’re like a 90’s noah 


And they laughed at you when you packed all of your things 

And they wonder why you’re frustrated 

And they wonder why you’re so angry 

And is it just me or are you fed up?



And may god bless you in your travels in your conquests and queries...

Any comment?