Webinar Homeschooling #5: Menyiapkan Pembelajar Mandiri

Minggu lalu webinar homeschooling Rumah Inspirasi membahas materi apa aja yang bisa diajarkan dalam proses belajar. Menyenangkan ya, jalan pagi atau piknik ke kebun binatang aja bisa jadi bahan belajar, hehehe. Iya sih… kalo masih usia dini alias pre-school sih masih gampang lah ngajarinnya. Lah, kalo udah mulai sekolah gimana dong? Setingkat SD masih bolehlah […]

Webinar Homeschooling #4: Belajar apa aja sih?

Oke, jadi setelah minggu lalu membahas langkah-langkah memulai homeschooling: yaitu membuat visi pendidikan keluarga, sekarang yang dibahas adalah materi pelajarannya. Apa sih yang mau diajarkan? Disini, aku akan lebih fokus untuk membahas kurikulum, materi dan pola belajar untuk anak usia dini, meskipun waktu webinar banyak juga penjelasan soal anak usia sekolah.   “Kalau homeschooling pakai […]

Webinar Homeschooling #3: Bagaimana Memulainya?

Makin kesini, webinar soal homeschooling-nya makin teknis nih! Setelah tau dasar-dasar homeschooling dan berbagai model pendidikannya, kamis lalu aku belajar soal bagaimana memulainya. Hayolo….   Jadi, dari webinar kemaren aku bisa menyimpulkan bahwa sebelum memulai, sesungguhnya ada langkah penting yang harus dilakukan: mempersiapkan diri dan pasangan (dan tentunya anak kalau sudah bisa diajak diskusi). Selain […]

Webinar Homeschooling #2: Metode apa yang cocok?

Setelah sebelumnya belajar soal apa itu Homeschooling, Kamis lalu aku mengikuti webinar Homeschooling sesi ke-2 yang membahas soal berbagai metode dalam Homeschooling. Wih, makin seru loh!   Singkatnya, metode dalam homechooling ini beragam banget. Tinggal pilih mau yang mana. Adalah tugas setiap keluarga untuk menemukan metode yang sesuai dengan tujuan akhir (grand plan) pendidikan anak. […]

Homeschooling, Perkenalan yang Menyenangkan!

Jadi Kamis malam lalu adalah webinar pertamaku seumur hidup. Webinar ini diselenggarakan oleh Rumah Inspirasi. Dalam 10 minggu kedepan, setiap Kamis malam aku akan mantengin laptop untuk mengikuti webinar tentang hal-hal yang berkaitan dengan homeschooling. Hasilnya: Seruuuuuu! Menyenangkan sekali!   Eh, tapi tunggu. Homeschooling? Apa ini? BabyM mau homeschooling? Lho kok?   Hehehe… ceritanya begini. […]